image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Demi pelayanan kesehatan yang optimal, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama rombongannya melakukan inspeksi mendadak. Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid – 19 Kota Mojokerto ini memantau ketersediaan alat kesehatan di beberapa Rumah Sakit, yakni ; RS Reksa Waluya dan RS Gatoel. Selasa (06/07/2021).

Sapaan akrab Wali Kota Ning Ita, melakukan pemantauan atas ketersediaan gas oksigen di beberapa Rumah Sakit di Kota Mojokerto. ia mengatakan menjamin ketersediaan oksigen di rumah sakit – rumah sakit yang ada di Kota Mojokerto, salah satunya dengan bekerjasama dengan PT. Samator Gas Industri sebagai pemasok oksigen.

“Sejauh ini bisa dipastikan di rumah sakit – rumah sakit penanganan covid yang ada di Kota Mojokerto untuk ketersediaan oksigen masih mencukupi hingga beberapa hari kedepan. Kita terus memantau, ketika ada keterlambatan atau pengurangan jatah dibawah kebutuhan akan segera dikomunikasikan dengan pihak Samator agar mencukupi sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh rumah sakit tersebut” ungkap Ning Ita

baca juga:  Bedah Buku Islam Nusantara

Tidak hanya ketersediaan oksigen, Tim Satgas Covid – 19 juga akan menambahkan beberapa tempat tidur pada beberapa Rumah Sakit, mengingat angka kenaikan kasus Covid – 19 hingga saat ini terus naik.

“RS Wahidin Sudiro Husodo kapasitas bed sebanyak 133 dan sudah penuh semuanya, pun demikian dengan RS Rekso Waluya serta RS Gatoel, total bed sebanyak 19 dan 91 bed juga sudah penuh semuanya” ujarnya.

Sementara itu Wakil Direktur Pelayanan Medis RS Gatoel dr. Anggraina Puspita mengatakan RS Gatoel rutin mengisi ulang tabung oksigen setiap harinya, ini lantaran kebutuhan oksigen untuk pasien covid – 19 meningkat dibandingkan pasien biasa.

“Sebelum pandemi kita isi ulangnya empat hari sekali, kini saat pandemi hampir setiap hari kita lakukan isi ulang lantaran penggunaannya meningkat drastis” ungkapnya.

baca juga:  2.415 jiwa PBID BPJS Kesehatan Dicoret

Ia menambahkan, kapasitas tabung oksigen sentral RS Gatoel sebanyak 4,5 juta liter,70 persen diantaranya digunakan untuk perawatan pasien covid – 19.

“kalau pasien normal kebutuhan oksigen sekitar 6 liter perharinya, untuk covid – 19 bisa mencapai 12 liter perharinya” pungkasnya.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB