Mojokerto (transversalmedia) – Keren, Hari ini, kamis (14/7/2022), dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meraih penghargaan sebagai “Penggerak Koperasi Terbaik” dari DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia). Ketua Umum DEKOPIN, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP menyerahkan penghargaan secara langsung oleh wali Kota yang akrab dipanggil Ning Ita di Prime Plaza Hotel & Suite Sanur Kota Denpasar, Provinsi Bali. 

Ketua Umum DEKOPIN, Sri Untari menuturkan bahwasanya gerakan koperasi mengambil peran penting dalam usaha-usaha kemakmuran rakyat. “75 tahun yang lalu gerakan koperasi menetapkan 12 juli sebagai hari koperasi, selain itu juga menjadi hari lahirnya DEKOPIN yang saat itu bernama SOKRI (Sentra Organisasi Rakyat Indonesia). Dalam kongres pertama koperasi Indonesia ditetapkan 10 keputusan antara lain adalah kemakmuran rakyat harus dilaksanakan berdasarkan pasal 33 UUD 1945 dengan koperasi rakyat dan koperasi ekonomi sebagai pelaksananya”, katanya.

Terpisah, Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berpesan kepada seluruh Pembina, penggerak, maupun insan koperasi untuk menjadikan koperasi bertransformasi dari citra model lama(konvensional) menjadi model baru dan profesional sehingga mampu sejajar dengan badan usaha lain.

“Koperasi harus memiliki sensitivitas usaha yang tinggi dan diminati generasi muda, melalui momentum hari koperasi yang ke-75 ini pemerintah menggelorakan gerakan “ayo berkoperasi” yang terhubung dengan gerakan revolusi mental yang bertujuan meningkatkan literasi perkoperasian dan menarik generasi muda untuk berkoperasi”, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan dukungan regulasi yang menjadi langkah penting agar koperasi terus diminati, serta menciptakan ekosistem bisnis yang dinamis, adaptif, dan akomodatif bagi kepentingan anggota dan masyarakat.

“Kemenkop UKM telah melakukan pembaruan regulasi perkoperasian melalui peraturan MenkopUKM nomor 8 tahun 2021 dengan model multi pihak, sebagai salah satu pilihan kelembagaan koperasi berbasis kelompok”, jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyambut baik atas pembaruan regulasi perkoperasian yang dilakukan Kemenkop UKM, mengingat saat ini di Kota Mojokerto ada 192 koperasi yang beberapa merupakan bagian dari program 4 P dalam inkubasi wirausaha.

“Kami akan terus berupaya agar koperasi di kota mojokerto memiliki semangat untuk bangkit kembali sehingga harapan kami soko guru ekonomi ini benar-benar bisa menjadi penyangga atau pilar yang menguatkan ekonomi di Kota Mojokerto”, ujarnya.

Sebagai informasi, terdapat tiga kategori penghargaan Koperasi yang diberikan oleh DEKOPIN pada puncak acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75, diantaranya Pembina Koperasi Terbaik, Penggerak Koperasi Terbaik, serta Penghargaan Khusus.

(Gon)