1

Peringati Hari Kesaktian Pancasila Diwarnai Event Historis

Mojokerto (transversalmedia) – Di peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 bakal diwarnai event besar yang memadukan unsur nasionalisme dan seni budaya. Bukan hanya itu saja, Pemerintah kota Mojokerto menyuguhkan pawai merah putih dan kirab garuda, serta pertunjukan wayang kulit.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto, Mudjoko, mengatakan pertunjukan wayang kulit dapat disaksikan pada hari Sabtu (1/10/2022) pukul 19.00 WIB secara gratis yang bertempat di SDN Purwotengah atau sekolah presiden pertama RI Ir. Soekarno.

Yang pastinya event ini memiliki ikatan historis karena Bung Karno menjadi penggagas Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. ”Kami harap event Kirab Pancasila tidak hanya membawa spirit nasionalisme, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian seni dan budaya daerah”, katanya.

Tema cerita wayang kulit juga disesuaikan dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila. Dengan dibawakan dalang Ki Arif Sarjono dari Boyolali, Jawa Tengah, wayang kulit bakal mengangkat lakon babad wanamarta.

Pertunjukan wayang kulit juga akan dihadiri Wali Kota Ika Puspitasari bersama Forkopimda plus Kota Mojokerto. Panggung kesenian akan semakin meriah dengan adanya pelawak Cak Slenthem Cs.

Tak hanya itu, dalam gelaran pertunjukan wayang kulit juga membawa semangat untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Pantia menyiapkan suguhan gratis dengan melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Masyarakat bisa menikmati tahu tek gratis yang disiapkan sebanyak 500 porsi bagi penonton yang hadir pertama. Selain itu, juga disediakan 500 cangkir kopi yang juga bisa dinikmati secara cuma-cuma di lokasi pertunjukan wayang kulit.

(Gon)