Mojokerto (transversalmedia) –  Komitmen Pemerintah kota Mojokerto pada peningkatan pemerataan tingkat mutu pendidikan berkualitas skala nasional patut diacungi jempol. Hal ini melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, prodi S3 Manajemen Pendidikan, Pascasarjana UNESA melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan best practice kepada Kepala SMP Negeri di Kota Mojokerto. Sabtu (3/9/2022).

Pelatihan tersebut diadakan secara daring yang dilakukan 2 minggu sebelumnya dalam wujud seminar kemudian ditindaklanjuti dengan praktik secara luring yang bertempat di SMPN 1 Mojokerto. Pelatihan secara luring diikuti oleh 16 Kepala Sekolah.

Kepala sekolah menjadi pemimpin satuan pendidikan yang sangat mempengaruhi kualitas pada setiap satuan pendidikan yang dipimpinnya. Best practice menjadi salah satu langkah yang dipandang mampu berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi kepala sekolah. 

Pada kegiatan tersebut, kepala sekolah diajak untuk mempresentasikan secara terbuka terhadap best practice yang telah disusun. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dengan tujuan memperdalam wawasan dan cara berpikir yang kreatif inovatif dalam menyempurnakan best practice yang telah disusun.

Ketua pelaksana kegiatan PKM, Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd  menyatakan bahwa best practice menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mengimbaskan pengalaman dan ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan di sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas satuan pendidikan. Menurutnya, pelatihan ini akan sangat efektif dan bermanfaat karena nantinya hasil karya kepala sekolah berupa best practice akan dijadikan sebagai karya Buku ber ISBN yang dapat dimiliki semua kalangan. 

Dosen yang sekaligus menjabat sebagai ketua prodi S3 Manajemen Pendidikan tersebut mengatakan bahwa inisiasi pelatihan tersebut merupakan wujud aksi nyata UNESA sebagai LPTK yang juga bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi yang dapat mewujudkan upaya pemerataan pendidikan berkualitas.  

“Saya berharap melalui kegiatan pelatihan ini dapat membangun energi positif bagi kepala sekolah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dengan langkah yang kreatif dan inovatif”, kata Nunuk.

Ia juga menambahkan bahwa UNESA akan berkomitmen untuk terus menebar kontribusinya sebagai LPTK untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan.

(Adv/Gon)