Beranda Politik dan Pemerintahan Lomba Masak Ikan, Pemkot Mojokerto Bantu Promosikan Aneka Olahan Ikan Lele

Lomba Masak Ikan, Pemkot Mojokerto Bantu Promosikan Aneka Olahan Ikan Lele

0
Lomba Masak Ikan, Pemkot Mojokerto Bantu Promosikan Aneka Olahan Ikan Lele

Mojokerto (transversalmedia) – Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto menggelar Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Tahun 2023 yang bertema ‘Kreasi Menu Ikan Lele Untuk Generasi Unggul, Sehat Dan Cerdas’. Dari peserta lomba, diikuti oleh tim penggerak PKK dari 18 Kelurahan. Hal ini turut membantu tim penggerak PKK untuk mempromosikan aneka olahan ikan lele. 

Kehadiran Wali kota yang akrab dipanggil Ning Ita langsung meninjau hasil olahan para peserta, yang dimana para peserta menampilkan aneka olahan seperti rolade lele, sushi lele, pancake lele hingga dawet lele. 

“Ternyata potensi ibu-ibu PKK membuka catering ini sangat memungkinkan. Bisa didorong agar catering khusus lele yang nanti didaftarkan di e-katalognya kota Mojokerto sehingga jika kita membutuhkan aneka-aneka ikan lele bisa ke tim penggerak PKK”, katanya. Kamis (31/8/2023). 

Bukan hanya makanan saja yang disajikan melainkan minuman pun bisa diolah. Ning Ita langsung memberi apresiasi kreativitas Tim Penggerak PKK dalam mengkreasikan berbagai menu olahan ikan. Menurutnya, aneka menu olahan ikan lele ini bisa menjadi potensi wisata kuliner baru yang bisa dikembangkan di Kota Mojokerto.

“Lele ternyata bisa dimasak dengan berbagai jenis menu tidak hanya makanan bahkan minuman. Ini kreativitas yang layak diapresiasi”, ujarnya saat meninjau.

Ning Ita mengungkapkan hasil penilaian yang diprioritaskan adalah rasa. “Berbicara tentang kuliner tentu kini yang jadi poin utama adalah rasa, baru setelah rasa, penampilannya karena penampilannya menarik tapi rasanya tidak semenarik tampilannya maka tidak di retweet order”, ungkapnya.

Menurutnya, aneka menu olahan ikan lele ini bisa menjadi potensi wisata kuliner baru yang bisa dikembangkan di Kota Mojokerto.

“Kita (pemerintah) akan membantu mempromosikan potensi aneka menu olahan lele ini kepada tamu-tamu daerah yang datang ke Kota Mojokerto”, ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala DKPP kota Mojokerto, Mochammad Hekamarta Fanani S.Stp, M.Si mengungkapkan jika ikan lele gampang dicari di kota Mojokerto. “Kenapa kita memilih ikan lele karena lele mudah dicari”, katanya.

“Semoga masyarakat kota Mojokerto semakin meningkat konsumsi makan ikannya, ikan ini menjadi hal yang penting bagi kesehatan dan menekan untuk mengurangi angka stunting. Ini juga sebagai salah satu memancing lebih berminat makan ikan lele dengan menu-menu yang varian”, pungkasnya.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here