Beranda Politik dan Pemerintahan Bursa Calon Pj Wali Kota Mojokerto, Berikut Alasan Beberapa Fraksi ?

Bursa Calon Pj Wali Kota Mojokerto, Berikut Alasan Beberapa Fraksi ?

0
Bursa Calon Pj Wali Kota Mojokerto, Berikut Alasan Beberapa Fraksi ?

Mojokerto (transversalmedia) – Ketua DPRD kota Mojokerto, Sunarto kemarin minggu (5/11/2023) sudah mengumumkan usulan tiga calon penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto. Namun ada berapa fraksi mengungkapkan alasan atas usulan yang diajukan ke Kemendagri RI sebagai pengganti Wali Kota Ika Pupitasari yang habis masa baktinya.

Berikut alasannya : 

Dari usulan beberapa Fraksi yang ada di tubuh DPRD kota Mojokerto, yaitu ; Fraksi PDI Perjuangan telah mengusulkan Ali Kuncoro yang saat ini telah menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur. 

Sedangkan Fraksi PKB kota Mojokerto telah mengusulkan Akhmad Jazuli yang menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Jatim Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

“Beliau sudah berpengalaman dan beliau ini juga tokoh NU. Serta Pak Jazuli sebagai putra daerah yang berasal dari kota Mojokerto”, ungkap alasan Ketua Fraksi PKB kota Mojokerto, Hj. Choiroyaroh yang menunjuk Akhmad Jazuli. Senin (6/11/2023).

Sementara itu, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan (FGKP), Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) telah memilih mengusulkan Gaguk Tri Prasetyo ATD., M.M yang saat ini telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemerintah kota Mojokerto.

“Pak Gaguk ini orangnya mengerti keadaan kota Mojokerto dalam segi permasalahan dan komunikasinya sangat baik bagi legislatif”, kata Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat, Deny Novianto ST.

Sedangkan Ketua FGKP H Sugiyanto mengatakan “Saya mengenal Pak Gaguk secara pribadi maupun tugas dan yang kedua beberapa kandidat yang saya hubungi tidak menindaklanjuti secara serius ya. Yang saya lihat komunikasi dengan DPRD cukup baik dan cukup lancar jika beliau terpilih menjadi Pj (Wali Kota) komunikasinya sudah cukup baik lagi”, katanya.

“Dalam menanggapi masalah, menyelesaikan masalah beliau cukup akomodatif. yang saya lihat dia kan tokoh kota Mojokerto dan bukan orang baru jadi sinergi itukan akan lebih lancar”, sambungnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Golkar, Jaya Agus mengungkap alasan memilih Gaguk yang saat ini memilih Sekdakot. “Track Recordnya sudah jelas, tahu seluk beluk kota Mojokerto apa yang dibutuhkan dan apa yang harus dikerjakan maka dari itu kita memilih Pak Gaguk sebagai Pj Wali Kota sehingga dia paham keinginan kota Mojokerto, segala permasalahannya bisa menata atau mengerti keinginan memajukan kota Mojokerto. Yang pasti kinerjanya sangat baik selama ini hubungan legislatif dan eksekutif dan kita sudah mengenal track recordnya”, ungkapnya.

Namun dari ketua Fraksi PAN Mulyadi mengungkapkan senada alasan memilih Sekdakot Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo sebagai Pj Wali kota. Diterangkan Pj Wali kota hanya menjabat setahun sehingga dibutuhkan orang yang sudah memahami tentang birokrasi di kota Mojokerto. 

“Banyak pejabat-pejabat yang setara yang dimunculkan untuk memenuhi syarat dari segi pangkat dan golongan tapi kitakan butuh berkesinambungan bahwa selama ini hubungan kita (legislatif) dengan Pak Gaguk ini. Saya melihat dari sisi Fraksi PAN hubungan kita sudah terjalin cukup baik, kita memahami personaliti dari Pak Gaguk”, ungkapnya.

Dari segi komunikasi sudah terjalin sudah cukup baik, “Pak Gaguk ini orangnya sangat komunikatif dari permasalahan-permasalah di tingkat masyarakat, itu ketika kita telpon segera respon artinya respek dengan kepentingan masyarakat”, tuturnya.   

“Jika Pj Wali Kota diisi dari luar kota Mojokerto itu harus ada penyesuaian lagi artinya adaptasi sementara jabatan waktunya cuma pendek. Jika itu dipilih orang-orang Kemendagri tapi saya menghormati dari sisi itu”, pungkasnya.

(Gon) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here