Mojokerto (transversalmedia) – Pemerintah Kota Mojokerto melalui Bakesbangpol mendukung penuh dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. Maka Bakesbangpol kota Mojokerto mengucurkan anggaran untuk perlombaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Tematik dengan total hadiah senilai Rp 25 juta.

Lomba TPS unik merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Daerah untuk kesuksesan Pemilu 2024, sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tersebut.

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro S.Stp, MSi  mengatakan, angka partisipasi pemilih di Kota Mojokerto ditargetkan meningkat dari 86 persen menjadi 90 persen. Total 104.629 orang yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Mojokerto yang menyalurkan suara di 394 TPS

“Kita lakukan berbagai upaya agar masyarakat berbondong-bondong ke TPS, termasuk dengan menggelar lomba TPS yang berhadiah uang. Total sebesar Rp 25 juta”, katanya. Senin (12/2/2024).

Pj. Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro S.Stp, MSi mengungkapkan, lomba TPS Tematik bertema bebas dan tidak harus bertajuk kerajaan maupun Majapahitan.

“TPS-nya bisa bertema apapun, selama itu menarik dan unik. Masing-masing bebas berkreasi sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke TPS dan ikut mencoblos”, ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono S.Stp, MSi menjelaskan ada dua kategori TPS Tematik yakni TPS unik dan TPS dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi.

“TPS Tematik nanti akan ada juara 1, 2 dan 3. Untuk TPS dengan partisipasi tertinggi hanya ada satu pemenang, yang memenuhi minimal 90 persen pemilih datang dan mencoblos,” kata Dodik.

Dodik yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Mojokerto ini menyebut pendaftaran TPS Tematik yang dibuka pada pekan terakhir Januari 2024 telah melebihi target.

“Kita targetkan satu kelurahan satu TPS. Ternyata ada beberapa TPS dalam satu kelurahan yang sudah mendaftar”, pungkasnya.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here