image_pdfimage_print

Malang (transversalmedia) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang raya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti oleh 36 peserta dengan bertempat di Gedung AH Politeknik Negeri Malang. Selasa (29/3/2022).

Kegiatan acara tersebut di hadiri Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, Kapolresta Malang kota Kombes Pol Budi Hermanto, Direktur Pol, ketua PWI Malang Raya Cahyono, Rektor Polinema, Kajari Malang, kepala BPJS Malang, Kepala LPS, Kepala OJK.

Sebelum pembukaan acara kegiatan, panitia UKW PWI memberikan pengarahan dalam kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari, 29-31 Maret 2022.

Ketua PWI Malang Cahyono, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 35 peserta, angkatan ke 40 secara gratis.  Harapannya, peserta UKW lulus semua, “Tujuan UKW, yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers”, katanya. 

baca juga:  Fraksi PDIP Angkat Dunia Usaha Kota Mojokerto Tetap Hidup

Cahyono juga mengungkapkan kegiatan yang dibutuhkan anggaran UKW tersebut, “Untuk menggelar UKW dibutuhkan anggaran 100 juta rupiah”, ungkapnya. 

Sementara itu Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, memberikan pengarahan terhadap peserta UKW, “Semua yang lulus ini betul-betul PWI yang linier. Bahwa menjadi jurnalis harus uji kompetensi”, arahnya.

Diterangkan, bahwa untuk menjadi jurnalis itu bukan hanya UKW saja akan tetapi harus mempunyai Skil plus pengetahuan, dengan tujuan mencerdaskan masyarakat. Orang nomor satu di tubuh PWI Jatim ini mengharapkan, “Yang paling penting kompetensi yang standart, jurnalis harus jujur, profesional, tidak menulis hoak”, harapannya.

Sedangkan, Kapolresta Malang kota Kombes Pol Budi Hermanto sebagai narasumber menyambut gembira atas kegiatan UKW tersebut. Kehadiran teman teman merupakan pilar kontrol terhadap pemerintah, Polresta, tetapi bukan menyudutkan.

baca juga:  Polresta Malang Kota Gagalkan Peredaran Narkoba  2,6 KG

Ia mendoakan kepada seluruh peserta, “Selamat kepada peserta UKW, semoga semua lulus”, jelasnya.

Perlu diketahui, adapun 6 para penguji, yang diambil 3 Provinsi, yakni 3 dari PWI Provinsi Jawa Timur, 2 PWI Jawa Tengah, 1 dari Jawa Barat.

Kegiatan ini disponsori oleh Polinema, BNI, Bank Indonesia, Bank Jatim, BPF, BRI, UMM, Lembaga Penjamin Simpanan, DPRD Kota Malang, Polresta Malang, Universitas Gajayana, Tugu Tifta, Unema.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB